Berita Terbaru :
 photo Graphic1-31_zpsc1f49be2.jpg
Home » » Membuat CCTV sederhana dengan Webcam

Membuat CCTV sederhana dengan Webcam

CCTV sederhana ini memang bener-bener sederhana, baik dari  kesulitan installasi maupun beaya yang diperlukan.  Kamera memanfaatkan webcam yang sudah ada di laptop. Perangkat keras yang diperlukan adalah sebuah perangkat akses point yang fungsinya memancarkan sinyal WIFI agar bisa diakses secara remote oleh komputer lain.
CCTV (Closed Circuit Television) adalah penggunaan kamera video untuk mentransmisikan signal video ke tempat spesifik, dalam beberapa set monitor. Berbeda dengan siaran televisi, sinyal CCTV tidak secara terbuka ditransmisikan. CCTV paling banyak digunakan untuk pengawasan pada area yang memerlukan monitoring seperti bank, gudang, tempat umum, dan rumah yang ditinggal pemiliknya.
Sistem CCTV biasanya terdiri dari komunikasi fixed (dedicated) antara kamera dan monitor. Teknologi CCTV modern terdiri dari sistem terkoneksi dengan kamera yang bisa digerakkan (diputar, ditekuk, dan di-zoom) , dapat dioperasikan jarak jauh lewat ruang kontrol, dan dapat dihubungkan dengan suatu jaringan baik LAN, Wireless-LAN maupun Internet. (sumber)
Dengan memanfaatkan alat sederhana kita bisa membuat CCTV di sekolah atau dirumah. Mendik pun mendukung penggunaan CCTV di sekolah, aktivitas disekolah dapat dipantau dari jarak jauh. Kamera yang kita gunakan adalah dengan memanfaatkan kamera webcam yang sudah tersedia pada laptop dan membeli akses poin untuk koneksi antarPC memanfaatkan WIFI agar video dapat dilihat oleh komputer lain.
akses
Aplikasi yang digunakan adalah w7inst yang dapat diunduh dari SINI. cara installnya cukup simpel, ukuran file tidak besar serta dengan menambah sedikit jamu aplikasi ini menjadi semakin powerful. Aplikasi ini juga mendukung penggunaan kamera lebih dari 4 dan juga mendukung pemantauan secara internet  jika memiliki domain sendiri.
Akses poin yang kita pakai gunanya untuk mengakses CCTV secara remote dari jangkauan WIFI. untuk itu perlu aplikasi tambahan untuk menjadikan  komputer yang terpasang CCTV menjadi komputer server.  Dalam hal ini saya menggunakan APPSERV sebagai aplikasi werbserver. Cara install appserv dapat dibaca di postingan sebelumnya, aplikasi tersebut dapat diunduh DISINI.
CCTV yang telah kita buat dapat diakses secara remote dalam jangkauan sinyal WIFI yang dipancarkan oleh akses poin, semakin bagus kualitas akses poin, maka semakin jauh jangkauan cctv kita. PC, tablet, ipad, HP yang dapat mengakses cctv tidak perlu dipasang aplikasi khusus. Cukup menggunakan peramban yang tersedia, seperti mozilla atau yang lainnya. Alamat untuk membuka CCTV kita tadi adalah dengan mengetik alamat di peramban http://namakomputer:8080 atau menggunakan IP address pc server yaituhttp://IPaddress:8080 cara install appserv dapat dibaca di link ini.
cctv2
komputer klien dari ruang tamu yang membuka cctv via browser dengan alamat busiti:8080
cctv1
tampilan w7inst pada komputer sever dengan kamera aktif, yangterpasang di dapur

Bagaimana? mudah , murah bukan? ooo ya sebelum perangkat lain membuka cctv, sudah tentu webcam server telah diaktifkaan.
selamat mencoba
Share this article :

2 comments:

Next Prev home
 
Support : Creating Website | Mas Imam
Copyright © 2009. GREEN GENERATION - All Rights Reserved