A.
Latar Belakang Sekolah
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Sukoharjo
merupakan SMK yang berada di Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo yang
penyelenggaraan kegiatan belajar mengajarnya dimulai sejak tahun 2007/2008.
Berdirinya SMK Negeri 3 Sukoharjo diharapkan dapat membantu pemerintah dalam
mengatasi pengangguran.Sebagai sekolah baru secara bertahap SMK Negeri 3 Sukoharjo memerlukan peningkatan mutu pendidikan sebagaimana tertuang dalam “Renstra” (Rencana Strategi) SMK Negeri 3 Sukoharjo periode 2007 – 20012 dan Prodek (Program Jangka Pendek) tahun 2007 – 2009. Untuk memenuhi tuntutan tersebut memerlukan dana, membutuhkan peningkatan Manajemen Kepala Sekolah, peningkatan kualitas guru serta pengadaan tehnisi sekolah maupun penyediaan peralatan penunjang yang kesemuanya untuk peningkatan mutu pendidikan di SMK Negeri 3 Sukoharjo baca selengpanya...
B.
Profil Sekolah
Program Keahlian:
- Teknik Mekanik Otomotif
- Akuntansi
- Tata Boga
- Penjualan
- Akomodasi Perhotelan
1.
VISI
Menjadikan SMK Negeri 3 memiliki tamatan yang
produktif, kompetitif, serta berbudi pekerti luhur
2.
MISI
Mengelola SMK Negeri 3 Sukoharjo dengan sistem
manajemen mutu yang mengakar pada kepribadian bangsa
Mengajarkan Ilmu Pengetahuan dan ketrampilan yang
menuju produktifitas
Melatih jiwa wirausaha yang produktif, kreatif dan
inovatif
Mendidik siswa berakhlak mulia, sehingga
menghasilkan tamatan yang berkualitas tinggi
3.
TUJUAN
Mencapai dan mewujudkan Misi dan Visi SMK Negeri 3
Sukoharjo
Meningkatkan kualitas tamatan SMK Negeri 3
Sukoharjo sesuai SKNI serta cakap hidup/ Life Skill
Mewujudkan SMK sesuai lingkungan industri sehingga tamatan SMK Negeri 3 Sukoharjo dapat
produktif dan kompetitif baca selengkapnya...
C.
Manfaat Internet Sebagai Media Pendidikan
Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference baca selengkapnya
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan
mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a.
sebagai
media interpersonal dan massa;
b.
bersifat
interaktif,
c.
memungkinkan
komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Karakteristik
ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih
luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional.
Teknologi
internet menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk
tetap dapat menikmati pendidikan. Metoda talk dan chalk, ”nyantri”, ”usrah”
dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list, dan
chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan ”usrah”, dimana pakar akan
berdiskusi bersama anggota mailing list. Metoda ini mampu menghilangkan jarak
antara pakar dengan pelajar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing
list ternyata menjadi cara pembelajaran yang efektif seperti pada metoda
”usrah”. baca selengkapnya...
Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi :
a.
Arus
informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat;
b.
Kemudahan
Mendapatkan Resource Yang Lengkap,
c.
Aktifitas
Pembelajaran Pelajar Meningkat,
d.
Daya
Tampung Meningkat,
e.
Adanya
Standardisasi Pembelajaran,
f.
Meningkatkan
Learning Outcomes Baik Kuantitas/Kualitas.
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !